Manfaat Ikan Lele

kalori, ikan lele mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang terdiri dari bermacam macam vitamin dan juga mineral. Menurut USDA Food and Nutrient Database, 143 gram ikan berkumis ini tawarkan nutrisi-nutrisi berikut:

Manfaat Ikan Lele

Kalori: 150 kkal.
Lemak: 4 gram.
Lemak jenuh: 1 gram.
Lemak tak jemu tunggal: 1,57 gram.
Lemak tak jemu ganda: 0,9 gram.
Asam lemak omega-3: 600 miligram
Asam lemak omega-6: 330 miligram
Protein: 26,4 gram.

Ikan lele punyai kandungan vitamin D, B12, B1 dan kolin yang tinggi. Vitamin lain yang juga terkandung di dalam ikan lele meliputi B5, B6, B2, B9, dan sedikit vitamin E, A, C, dan juga K.

Jenis mineral yang paling banyak terkandung di dalam lele adalah fosfor, selenium, dan potasium. Selain itu, terkandung pula magnesium, zinc, zat besi, kalsium, dan mangan di dalam jumlah yang tidak terlampau banyak.

Manfaat Ikan Lele sebagai sumber nutrisi penting

Dengan bermacam nutrisi makro dan mikro yang terkandung di dalamnya, berikut Manfaat Ikan Lele bagi kebugaran yang sayang kecuali dilewatkan:

1. Sumber asam lemak omega-3

Daging ikan lele berwarna putih dan cuma mempunyai kandungan sedikit lemak. Walaupun tidak digolongkan sebagai ikan yang tinggi kandungan lemak sehat layaknya salmon, lele senantiasa dapat pantas dijadikan alternatif sumber asam lemak omega-3.

Ikan lele mempunyai kandungan eicopentanoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kedua asam lemak ini bagi kebugaran otak, jantung, mata, dan proses imun tubuh.

2. Sumber vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting di dalam mengolah DNA tubuh, pembentukan dan kerja sel darah merah, dan juga memelihara faedah saraf. Vitamin ini kebanyakan terkandung di dalam produk-produk hewani, juga ikan lele.

Kelompok populasi layaknya lansia, bayi, dan ibu hamil, tergolong kalangan yang berpotensi mengalami kekurangan vitamin B12. Salah satu dampaknya adalah anemia atau tidak cukup darah.

Konsumsi 143 gram daging ikan lele dapat memenuhi 69% dari kebutuhan harian vitamin B12. Anda tak kudu menyangsikan Manfaat Ikan Lele sebagai sumber vitamin B12.

Baca Juga: Manfaat Mentimun

3. Sumber vitamin D

Vitamin D utama mampu diperoleh berasal dari paparan cahaya matahari pagi. Sementara itu, tidak banyak type makanan yang mempunyai kandungan vitamin ini secara alami.

Padahal, vitamin D amat penting bagi kebugaran tulang karena menunjang tubuh untuk menyerap kalsium, mengontrol perkembangan sel di seluruh tubuh, dan merawat manfaat proses imunitas tubuh.

Ikan lele adalah salah satu sumber terbaik untuk vitamin D. Konsumsi 143 gram dagingnya saja sudah mampu memenuhi 180% keperluan harian vitamin D Anda.

Asupan vitamin D berasal dari makanan amat penting, khususnya bagi orang yang jarang terkena cahaya matahari.

4. Sumber protein tinggi

Protein amat dibutuhkan untuk membangun dan pelihara otot. Demikian pula untuk produksi enzim serta hormon yang merubah tiap tiap manfaat tubuh manusia.

Hampir seluruh bahan makanan mempunyai kandungan protein di dalam jumlah yang bervariasi. Yang pasti, tidak seutuhnya tawarkan protein sebanyak dan sepadat ikan lele.

Sebagai contoh, daging bacon mempunyai kandungan 25 gram protein dengan 30 gram lemak dan 380 kalori. Sementara untuk mendapat 25 gram protein nabati berasal dari lentil, Anda terhitung kudu konsumsi 56 gram karbohidrat dan 380 kalori.

Pada daging ikan lele, takaran proteinnya tinggi dan padat. Pasalnya, di dalam tiap 100 gram ikan berkumis ini tawarkan 18,5 gram protein, dan hanya 150 kalori dan 0 gram karbohidrat.

5. Termasuk ikan yang rendah takaran merkuri

Dengan banyaknya pencemaran lingkungan, tentu tersedia kekuatiran berkenaan kontaminasi logam berat pada product ikan laut. Salah satu pencemaran logam berat yang berbahaya adalah merkuri, yang kerap ditemukan pada ikan laut berukuran besar.

Karena mudah di dapatkan, saat ini ikan lele sudah menjadi salah satu menu yang bisa anda dapatkan ketika memesan Catering Nasi Box di manapu itu.

Karena bukan merupakan ikan laut, ikan lele miliki takaran merkuri yang rendah. Jenis ikan lele yang kemungkinan terkena kontaminasi merkuri adalah lele yang hidup liar di sungai besar. Mungkin itulah yang mampu kita sampaikan berkenaan Manfaat Ikan Lele semoga apa yang kita memberikan ini mampu bermanfat untuk kamu semuanya.